Selasa, 29 Desember 2009

Sosial-Demokrasi

Sosial-demokrasi adalah idiologi kiri tengah, yang mendasari gerakan buruh{serikat buruh), yg bercita-cita membentuk pemerintahan yang baik(goodgovernance) untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat melalui negara kesejahteraan (welfarestate).
Bicara tentang sosial-demokrasi (pengikutnya sosial-demokrat disingkat sosdem) berarti bicara tentang gerakan buruh. Bicara tentang gerakan buruh harus diawali dengan membicarakan sejarah lahirnya Serikat Buruh. Bicara tentang lahirnya Serikat Buruh, tidak dapat dipisahkan dari pendiri pemikirnya yaitu Karl Marx. Karl Marx adalah bapak dari Serikat Buruh.
Yang dapat berjuang untuk mensejahterakan buruh/pekerja dan mengurangi/mengimbangi keserakahan kapitalisme/para pemilik modal hanyalah serikat buruh. Itulah yang mendorong Karl Marx menggagasi berdirinya Serikat Buruh (Trade Union).

Kondisi perjuangan buruh. 01012010
Dari pengalaman perjalanan yang saya lakukan di berbagai negara, negara yang rakyatnya/buruhnya sejahtera, di negara tersebut akan kita temukan keadaan berikut. 1. Serikat buruhnya kuat. Serikat Buruh kuat sebagai wujud strong civil society, rakyat/buruh sejahtera. Strong union be welfare. 2. pemerintahnya adalah pemerintahan yang baik, goodgovernance. Pemerintahannya jujur, bersih dan dipercaya rakyatnya. 3. Sistem negaranya adalah welfarestate, negara kesejahteraan, negara yang menjamin terselenggaranya kesejahteraan rakyat. 4. Urusan negara dipisahkan dari urusan agama. Tugas negara adalah menjamin hak setiap warga negara berkeyakinan, beragama dan beriman.
di tataran politik ada sebuah partai politik umumnya beridiologi kiri yang didukung Serikat Buruh yang memperjuangkan terwujudnya empat hal di atas.

Kesimpulan saya, Kalau rakyat buruh, petani dan nelayan mau makmur/sejahtera? Mari kita berjuang membangun keempat hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar