Kamis, 25 Februari 2010

MEMAHAMI KESEJAHTERAAN BURUH NZ

Buruh di New Zealand menikmati kehidupan yang sejahtera dan nyaman tenteram. Mereka menikmati itu karena negaranya welfarestate dan diperintah goodgovernance.
Saya akan menguraikan realitas hidup sejahtera yang dinnikmati saudara kita buruh di NZ. 1. upah minimum mereka adalah 12 $NZ/jam, sehingga perhari 96 dan perbulan sekira 2.100 $NZ. (1$NZ=Rp.6.300). Memang harga bahan2 industry mahal, akan tetapi bahan2 makanan murah. Kaena produksi utama NZ adalahpertanian, gandum, susu, sapi, anggur dan sayur2. 2. Selain menerima upah sebanyak itu, anak bersekolah ditanggung negara hingga SLA. Bila sakit dan opname, negarayang menanggung. bila usia 60tahun, mereka menerima gaji pensiun selama hidup sebanyak 75% dari upah minimum. Satu lagi, mobil harganya murah. Honda civic yang 180jt disana $NZ12.000. Buruh migran Indonesia yang bekerja di pertanian, yang sudah bekerja 6 bulan, sudah mempunyai mobil. Mengapa murah? mobil tidak dipungut pajak.
Mengapa mereka sejahtera? karena Serikat Buruh bersatu, mendirikan dan memenangkan Partai Buruh, dan Partai Buruh mewujudkan welfarestate dan membentuk pemerintahan goodgovernance. Tentu buruh Indonesia mau sejahterakan? ikuti langkah buruh New Zealand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar