Jumat, 12 Februari 2010

WELFARESTATE & GOODGOVERNANCE JALAN KELUAR DARI KEMISKINAN

Di pagi hari sabtu yang berhujan ini, istirahat saya diisi dengan menulis di website ini. Saya mau memberitahu jalan keluar kemiskinan rakyat Indonesia (buruh,petani,nelayan dan pedagang pasar) ke kehidupan yang sejahtera dan ini sudah dialami seluruhnya negara2 di eropa, Jepang, Korea, Singapure, Malaysia dll.

Ternyata welfarestate dan goodgovernance adalah rahasia mengapa rakyat mereka sejahtera. Ternyata juga, Indonesia sesudah pemerintahan Soekarno menjadi kapitalisme/imperialisme yang sekarang ganti baju dengan neoliberalisme.

Inti dari welfarestate, negara wajib mensejahterakan rakyatnya. Bila gagal, Presiden bisa dimakzulkan/diimpeach. Bila welfarestate, semua rakyat harus terdidik minimal sampai SLA. Semua orang harus bekerja, kalau menganggur negara beri tunjangan pengangguran. berobat mudah dan harga murah. Ada jaminan pensiunan. semua orang berhak memiliki rumah dan negara wajib menyelenggarakan rumah murah terjangkau daya beli rakyat. Ini perjuangan Soekarno.

Inti goodgovernance, pemerintah bersih dari korupsi, gaji pegawai negeri (sipil dan militer) harus lebih dari hidup layak. Negara harus menjatuhkan pemerintah yang korup.
Supaya pengawasan kuat, masyarakat sipil harus kuat (strong civil sociaety), yang syaratnya serikat buruh kuat dan buruh bersatu memperjuangkan welfarestate & goodgovernance. Berikutnya akan saya uraikan satu persatu welfarestate dan good governance. Mari kita renungkan, mau miskin terus atau mau sejahtera?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar