Selasa, 20 April 2010

PENDIDIKAN















Menurut pembukaan, UUD 1945 salah satu tujuan negara dibentuk adalah mencerdaskan bangsa. Orang yang cerdas adalah yang memiliki banyak informasi/ilmu pengetahuan. Yang memiliki banyak ilmu pengetahuan adalah yang mengecap pendidikan formal atau informal.

Upaya mencapai tujuan itu digariskan dalam Pasal 31 UUD (sesudah perubahan) yang berbunyi:
1. Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
2. Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.
3. Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang2nya 20% dari APBN serta APBD untuk memenuhi kebutuhan pendidikan nasional.
Saya pernah membaca berita 41% usia 15 tahun ke atas penduduk Indonesia adalah buta huruf. Tahun 2008, Gubernur Papua Barnabas Suebu di hadapan Konferda Partai Buruh Papua menyampaikan, 85% penduduk asli Papua adalah butahuruf. Persentase butahuruf yang tinggi dapat diperkirakan adalah suku Dayak, Melayu Laut, Anak Dalam, Betawi, Sunda dan Jawa di pedesaan.

65 tahunmerdeka, kita belum dapat melaksanakan Pasal 31 UUD 1945. Kita serukan/anjurkan Presiden SBY memperhatikannya. Tanpa pendidikan, rakyat Papua yang kaya alamnya akan terus bodoh/terbelakang, karena bodoh jadi miskin dan karena miskin tdk sekolah.

Sebaiknya kita kampanyekan pelaksanaan Pasal 31 adalah alat uji seorang Presiden mampu apa tidak memimpin negara Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar