Rabu, 05 Mei 2010

APA BENAR SRI MULYANI SUKSES?

Headline Harian Kompas Kamis 6Mei 2010 menulis SRI MULYANI DINILAI SUKSES.
Ada tiga kesuksesannya :
1.Berhasil membimbing Indonesia melewati resesi global
2. Sukses melawan korupsi
3. Mereformasi birokrasi membuat tata kelola yang baik.

Terus terang dengan segala maaf saya tergelitik memberi pendapat berdasarkan fakta dan kenyataan. Berhasil melewati resessi,ya setuju. Tapi keberhasilan itu menghasilkan skandal bank Century, dan membuat ratusan ribu nasabah menjadi menderita dan sengsara. Kepada siapakah berhasil? kepada pemesan bailout dan petinggi bank century, tetapi juga berhasil menyengsarakan ratusan ribu nasabah.

Negara dibentuk adalah untuk mensejahterakan rakyat, bukan menyengsarakan. Berhasil melawan korupsi dan mereformasi birokrasi departemen keuangan. Ternyata kebehasilan itu adalah melahirkan Gayus dkk, melahirkan markus pajak dan markus beacukai dimanamana. Sesungguhnya 6 tahun Sri menjadi menteri keuangan, meninggalkan borok yang besar dan masalah besar.

Berhasilkah SriMulyani? sebagai pencetus reformasi saya berani mengatakan, SRi Mulyani gagal mengemban cita-cita reformasi, tetapi berhasil melanjutkan missi neoliberalisme sebagai lanjutan orde baru di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, IMF, Bank Dunia dan WTO adalah agen daripada neolkiberalisme. Wajarlah kalau BankDuniaberterima kasih kepada SriMulyani dan tanda terima kasih dia diangkat menjadi Managing Director Word Bank. Kalau di masa lalu IMF dan WBmembuat ekonomi Indonesia terpuruk dan rakyat sengsara, mudah mudahan Sri Mulyani tidak melanjutkannya.

Kepada pendukung dan pengagum Sri Mulyani, maaf kalau pendapat ini keras. Saya bicara dari pergumulan/pengalaman saya mewakili buruh sebagai stakeholder menghadirisidang IMF dan WB.

Kalau pemerintah Indonesia selalu tunduk ke WB, saya berharap KPK terutama Bibit Ryanto dan Chandra, jangan ikutikutan tunduk. Lanjutkan memproses kasus skandal Century. Kalau mungkin adakan pencekalan kalau sudah ditingkatkan statusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar