Minggu, 23 Mei 2010

TUGAS KETUA KPK YANG AKAN DATANG

Tugas Ketua KPK yang akan datang saya bagi dua bagian penting yakni
1. Penguatan dukungan eksternal
2. Penguatan kerja di internal yang uraian singkatnya seperti berikut ini.

Penguatan dukungan eksternal. Massmedia dan LSM/aktivis anti korupsi seperti ICW dibuat menjadi mitra utama untuk mengumpulkan informasi. Kalau ada Media atau LSM atau ormas yang mendapatkan data dan setelah data itu ditelusuri ternyata benar dan menjadi dasar putusan di Pengadilan, yang memperoleh data itu selain dilindungi juga diberi penghargaan.

Usul, 10% dari uang yang dikembalikan kepada negara dari kasus itu diberikan menjadi incentive, sebagai penyeimbang daya yang dikeluarkan dan resiko yang dipikulnya. Tanpa dukungan masyarakat luas KPK tidak akan berhasil.

Penguatan kerja internal terbagi 4 bidang:
1. Dukungan hukum dan tenaga saya sebut infrastruktur. Satu orang wakil Ketua yang ditugaskan berkomunikasi secara intensif dengan instansi yang berkaitan dengan pembuatan undang2 yakni DPRRI, DPDRI, Pemerintah dan MK. Agar kehadiran undang2 memperkuat tindakan pemberantasan korupsi. Kemudian tugas kedua dari wakil Ketua ini adalah menyiapkan penyelidik/penyidik dan penuntut miliknya KPK sendiri. Terbuka bagi pelamar yang berasal dari Polri, Jaksa dan Advokat. Sesudah diterima, mereka menjadi organ full KPK.

2. pencegahan. Seorang wakil ketua ditugaskan melakukan sosialisasi pencegahan terhadap intansi yang rawan korupsi. Sesudah diberi peringatan akan tetapi masih diteruskan tindakan korupsi itu, kepada koruptor seperti ini dilakukan pemberatan hukuman, sampai hukuman mati tergantung dampak yang ditimbulkannya.

3.Penyelidikan/penyidikan dan penuntutan yang disebut penindakan. Seorang wakil ketua yang ditugaskan menanggungjawabi penyelidikan, penyidikan dan penuntutan. Dikwalifikasikan sumber data/fakta. Kalau berasal dari nomor dua yang sudah pernah diperingatkan tetapi tetap dilanjutkan, maka ada pemberatan hukuman. Kalau berasal dari masyarakat, ada kerjasama dan penyiapan incentive bagi yang berusaha mendapatkan data/fakta.

4. Eksekusi dan pengawasan. Seorang Wakil Ketua bertugas melakukan pengawasan di dalam dan melaksanakan eksekusi keputusan Pengadilan mengembalikan uang negara ke kas negara dan menyerahkan incentive.
Penutup. lima pimpinan KPK bekerja secara kolektif dalam arti secara bersama-sama mengambil keputusan KPK, selanjutnya dikerjakan oleh masingmasing pimpinan sesuai dengan uraian tugas.

Target. 4 tahun sebagai Ketua KPK diberi target, merubah Indonesia negara terkorup masuk peringkat kelas tengah terbersih, urutan 50-60.

Sekiranya saya yang menjadi Ketua KPK, itulah yang akan saya kerjakan. Muchtar Pakpahan

Mohon dukungan dan doanya, dukung saya melalui Facebook " Gerakan 1.000.000 Facebooker dukung Muchtar Pakpahan Ketua KPK.

Klik di sini untuk memberikan dukungan melalui gerakan facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar