Senin, 03 Mei 2010

WELFARESTATE LAPANGANKERJA

Tujuan dibentuknya negara pada pembukaan UUD 1945 adalah memajukan kesejahteraan umum. Pekerjaan adalah syarat penting untuk dapat menikmati kesejahteraan.
Pasal 27 ayat 2 UUD 1945 menggariskan, tiap-tiap warganegara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layakbagi kemanusiaan. Jelas digariskan bahwa setiap orang warganegara Indonesia berhak mendapatkan pekerjaan dan pemerintah wajib memberikan pekerjaan. Walaupun tidak digariskan, tetapi tersirat kewajiban itu dan bila tidak dijalankan harus ada konsekwensinya.

Karena Soekarno membangun Indonesia adalah sebagai negara welfarestate model Belanda, berarti bila ada yang menganggur karena pemerintah tidak mampu memberi pekerjaan, pemerintah harus memberikan tunjangan sosial pengangguran, yangdapat menghidupi kebutuhan minimal.

Di pihak lain, ada jaminan UUDbahwa orang yang bekerja, atau orang yang bekerja sebagai buruh di orang lain, pemerintah harus menyelenggarakan sistem yang memberikan penghasilan/upah buruh harus dapat memberi penghidupan yang layak. Sebagai manusia,menikmati makanan 5 sempurna, memiliki rumah,memiliki cukup pakaian dan ada jaminan kesehatan.

Kalau kita lihat kondisi bangsa kita sesudah merdeka 65 tahun, dari dua sisi itu tidak terwujud. yakni sisi lapangan kerja dan hidup layak, Presiden SBY tidak sanggup menjalankan Pasal 27 UUD 1945. Terbukti dari banyak pengganggur dan tidak diberi tunjangan pengangguran,serta buruh, tani dan nelayan yang bekerjapun tidak dapat menikmati hidup layak. Itulah pansdangan saya tentang pelaksanaan Pasal 27 ayat 2 UUD 1945. Tentu akan ada yang berbeda dengan pandangan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar