Selasa, 19 Oktober 2010

MENDATANGKAN WISATAWAN KE DANAU TOBA

Tahun 60-an sd 70-an, Danau Toba tujuan wisata Indonesia,kemudian disusul Bali. Sekarang Bali nomor satu, Danau Toba tidak masuk. Danau Toba adalah sumber kehidupan bagi rakyat dan sumber devisa bagi sumut bila ditangani terperogram, terencana dan berkelanjutan.
Menurut saya dibutuhkan kordinasi gubernur dengan 8 bupati dan dua walikota, lalu diprogramkan minimal 6 langkah terpadu. 1. Ada publikasi yang luas tentang lokasi dan konsep wisata. Flora di Brastagi. Rohani di Dairi. Budaya di Samosir (Tomok dan Pusuk buhit). sejarah sisingamangara dan pearaja. pemandian sisingamangaraja di Bakkara. air hangat/belerang di Pangururan, siborongborong, sipoholon dan brastagi. Batugantung dan keindahan di Parapat. disertai dengan petunjuk hotel, restoran dll kebutuhan wisata. 2. wisata budaya. setiap pesta adat besar suku batak didaftarkan ke dinas parawisata kabupatan & provinsi supaya dipublikasikan kpd tamu melalui media dan internet. 3. Direncanakan sistem paket. Kalau dari Medan ke Brastagi lalu kemana? kalau dari Medan ke Siantar lalau kemana? kalau dari Sibolga ke Tarutung lalu kemana? kalau dari Asahan lalu kemana? 4. Masyarakatnya khususnya yang berhubungan dengan wisatawan ditata dengan baik. pedagang, petugas hotel/restoran, petugas transportasi, agar mereka ramah dan bertanggungjawab. dibuat perda provinsi, bila dilanggar diberi sanksi. 5. Diprogramnkan sebagai daerah hukum wisata, Kapolres dan Kajari memenuhi syarat mengerti penegakan hukum/pengamanan wisata. tahu bahasa inggris. 6. kembangkan airpoort siborong-borong yang dapat langsung disinggahi dari Jakarta, Batam, pk.Baru, Medan, Aceh, Padang, Malaysia dan Singapure.
Mari kita dorong Gubernur/pemprov sumut melakukannya. berkat yang luar biasa indah dari Tuhan itu, bila tidak dipelihara secara bertanggungjawab, bisa dibatalkan Tuhan. Hai penduduk sumut, sadarilah itu. Gubernur dan seluruh bupati dan walikota kawasan danau Toba, programkanlah itu. Saya tetap bersedia ikut mengerjakannya/memprogramkannya. Tuhan berkati masyarakat danau toba. amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar