Selasa, 23 November 2010

CARA MAHFUD ELEGAN MERESPONS TUDINGAN

Cara Mahfud merespon tudingan Refly Harun menurut saya elegan, professional dan layak ditiru. Refly menulis di koran bahwa dia melihat ada hakim MK yang melakukan transaksi. Dengan tulisan itu wajar bila banyak orang termasuk di lingkungan saya yang percaya bahwa MK tidak bersih. Apa yang dikemukakan Refly adalah fakta, menjadi bukti karena dia melihat.
Merespon ini, Mahfud sbg Ketua MK membentuk tim pembongkar kasus suap di MK, dan dimintanya diketuai langsung oleh Refly. Cara itu paling dapat dipertanggungjawabkan dari pada didiamkan alias anjing menggonggong kafilah berlalu, atau kalau merasa bersih pergi mengadu ke polri seperti menteri-menteri ramai-ramai mengadu aktifis, atau bentuk Tim penyelidik tetapi dari internal seperti yang dilakukan polisi.
Apa yang dilakukan oleh mahfud adalah cara yang paling tepat dan paling bijaksana. Tentu bila Refly tidak dapat membuktikan, dia harus mempertanggungjawabkan pula pernyataannya, tanggungjawab pidana fitnah. Paling moderat, Refly harus buat pernyataan di media yang sama, meluruskan dan minta maaf. Tapi kalau Refly benar dan bersama Tim berhasil, ungkapkan seterangterangnya. Saya mendukung Refly untuk mengungkapkannya kalau benar. Bung Refly maju terus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar