Senin, 01 September 2014

MAKNA AWARD YANG DITERIMA MUCHTAR PAKPAHAN

“REVOLUSI ADALAH SOLUSI MEMBENTUK PEMERINTAHAN BERSIH DARI KORUPSI UNTUK MEWUJUDKAN WELFARESTATE”


Sabtu 30 Agustus 2014, mulai pukul 10.00 bertempat di istana Negara Republik Demokratik Timor Leste, berlangsung upacara penyerahan award kepada Muchtar Pakpahan dan 19 orang lainnya dari berbagai Negara. Presiden Timor Leste SE Taur Matan Ruak, dalam penjelasan singkat karena Muchtar Pakpahan memberi pandangan jalan keluar memecahkan masalah Timor Timur (yang sekarang Timor Leste) ditambah kegiatan kemanusiaan dan pembelaan HAM yang dilakukan Muchtar Pakpahan.
Sewaktu berlangsung jamuan makan malam yang dilaksanakan Perdana Menteri yang diwakili wakil Perdana Menteri Fernando Lasama, Muchtar Pakpahan diberi kesempatan memberikan kata sambutan. Adapun pesan Muchtar Pakpahan adalah seperti berikut. Kemerdekaan ini harus dirasakan oleh rakyat Timor Leste sebagai Negara yang merdeka. Yang terpenting, wujudkan Negara welfarestate, dan para pemimpin belajar dari kesuksesan Singapura dibawah kepemimpinan Lee Kwan Yu, jangan tiru kepemimpinan Indonesia setelah Soekarno. Saudara-saudara pemimpin haruslah berperilaku jujur, merakyat dekat dengan rakyat, bersih dari korupsi, dan menetapkan program yang terukur. Akhirilah heroiknya perjuangan memperoleh kemerdekaan, tetapi isilah kemerdekaan itu. Sekali lagi saya serukan belajarlah dari keberhasilan Singapura.
Sebagai tambahan saya minta universitas yang ada di Dilli melakukan satu rangkaian kegiatan yang ikut menetapkan outline program pemerintah, dan melakukan studi evaluasi setiap waktu tertentu. Ada target yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu, dan ada sasaran setiap tahun. Ucapan itu perlu karena resepsi itu dihadiri petinggi universitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar